Cara Defrag Hardisk

Cara Defrag Hardisk

Kali ini saya akan berbagi pengetahuan ke pada anda semua mengenai apa yang di maksud dengan Defrag Hardisk dan bagaimana cara untuk Defrag Hardisk itu tersebut.
Defrag, adalah suatu proses merapikan data pada harddisk untuk mempercepat pemrosesan data dan meng-optimasi kecepatan kerja komputer. Bisa juga dibilang proses merapikan data untuk mengoptimasi kinerja pada harddisk.

Proses Defrag ini, biasanya dilakukan pada sistem operasi Windows agar meng-optimalkan kinerja pada harddisk. Memang, para pengguna Windows harus rutin men-Defrag harddisk mereka agar kinerja pada harddisk tidak lemot.

Fungsi-fungsi dari defragment:
1. Pengguna dapat mempelajari penulisan dan pembacaan data pada setorage atau media penyimpanan data.
2. Mempercepat pembacaan pada setorage dalam hal ini hardisk, karena denagan defrag file akan tersusun secara terpusat dan shorted, data tersortir secara alfabert.
3. Memastikan file yang masih bisa diguankan atau operasional dengan file yang sudah corrupt karena telah berada pada sektor bad.
4. Melakukan scendisk secara nondirect, karena sebenarnya hardisk yang akan didefrg sebelumnya akan discendisk terlebihdahulu, untuk memastikan validitas dan verifikasi cluster.
5. Mempermudah saat pengguna ingin mencari file karena file telah tersusun sesuai tanggal, waktu, dan alfabert.

Berikut langkah-langkah bagaimana  Defrag Hardisk :

1. Pertama, hapus file – file yang sudah tidak dibutuhkan. Ini akan mempercepat proses defrag dan meningkatkan performa komputer secara keseluruhan.

2. Bersihkan history dan cache dari semua browser yang ada di PC kamu.

3. Kosongkan Recycle Bin kamu.

4. Gunakan Disk Cleanup yang ada pada Windows untuk menghapus file – file yang tidak diperlukan. Klik Start > Accessories > System Tools > Disk Cleanup. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi seperti Auslogics BoostSpeed.

5. Gunakan aplikasi disk check (Chkdsk) untuk memperbaiki disk error dan masalah lainnya sebelum menjalankan defrag.

6. Buat backup system dengan membuat System Restore Point menggunakan Windows System Tools sebelum menjalankan defrag. Klik Start > Accessories > System Tools >Disk Defragmenter


7. lalu klik Kiri pada mouse


8. Untuk men-defrag harddisk secara manual anda seleksi salah satu partisi harddisk yang ingin anda defrag lalu klik tombol "Analyze disk", jika ternyata setelah di-analyze terdapat lebih dari 0% file yang ter-fragmented maka anda klik tombol "Defragment disk" untuk men-defrag partisi harddisk anda tersebut.

9. Lalu Pilih Close jika proses Defrag Hardisk Sudah Selesai





share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 8:44 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dengan kata-kata
yang bijak berkomentar. Anda sopan kamipun ikut senang ^_^