Model OSI

Model OSI



Osi adalah sebuah model untuk jaringan komputer yang dikembangkan oleh interantional
Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. Model OSI ini disebut juga
model OSI tujuh lapis atau OSI server layer model yang mulai di perkenalakan pada tahun 1984.

Belajar jaringan komputer biasanya sudah layak meluangkan waktu untuk mempelajari model OSI ini. Model OSI dapat digunakan untuk menjelaskan cara kerja jaringan komputer secara logika. Dahulu kala, komunikaso data yang melibatkan komputer-komputer dari vendor  yang berada sangat sulit dilakukan. Masing-masing vendor menggunakan protokol dan format data yang berbeda-beda. sehingga International Organization For Standardizational (ISO) membuat suatu arsitektur komukasi yang di kenal  sebagai model OSI yang mendefenisikan standart untuk menghubungkan komputer-komputer dari vendor yang berbeda.

Pada awalnya model OSI dimaksudkan untuk keperluan standardisasi protokol jaringan komputer. Namun, ide tersebut gagal diwujudkan, karna ada beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan, yaitu:
  • Model OSI dianggap terlalu kompleks. Beberapa fungsi (seperti metode komunikasi connectionless) dianggap kurang memadai. Sementara fungsi lainnya (seperti flow control dan error correction)diulang-ulang di beberapa layer.
  • OSI menggunakan 7 buah layer yang dianggap terlalu rumit dan hanya mempertimbangkan aspek "politik" dibandingkan "teknik". Layer Presentation dan Session dianggap tidak berguna (kosong), sedangkan layer Data Link dan Network sangat penuh dengan fitur-fitur.
  • Adanya campur tangan politik menyebabkan OSI dianggap sebagai "makhluk" buatan Kementrian Telokomuikasi Eropa dan pemerintah Amerika Serikat. Campur tangan birokrasi untuk mengatur protokol jaringan komputer yang ternyata menimbulkan sentimen negatif daripara pengguna jaringan komputer 



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 5:54 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dengan kata-kata
yang bijak berkomentar. Anda sopan kamipun ikut senang ^_^