Cara Konfigurasi Dhcp pada Debian

Cara Konfigurasi Dhcp pada Debian


KONFIGURASI DHCP SERVER

 Jika komputer yang terdapat pada lingkungan begitu banyak, maka hal untuk mengeset IP akan menjadi melelahkan jika dilakukan satu persatu untuk semua komputer. Dengan adanya DHCP server, hal mengatur sebuah IP akan menjadi sangat mudah untuk dilakukan. Untuk menginstal dan mengkonfigurasi DHCP server, langkah awalnya yaitu masuk sebagai root dan DVD Instalasi harus disiapkan terlebih dahulu berguna untuk paket yang ada pada debian..


Setelah memasukan DVD instalan maka perintah akan terjadi pada gambar di bawah ini di sini anda jangan kawatir tentang adanya failed di bawah ini itu karna kita belum melakukan konfigurasi pada dhcp sebelumnya


Pertama yang harus dilakukan mengetahui nama paketnya. Di squeeze nama paketnya adalah “isc-dhcp-server” dan untuk menginstal paketnya menggunakan perintah “apt-get install is-dhcp-server”. Jika sudah terinstal maka akan muncul seperti gambar di atas. Mengapa ada tulisan failed? Failed tersebut bukanlah proses penginstalan tidak berhasil, tapi karena dhcpnya belum di konfigurasi.


Setiap menginstal paket baru, jangan lupa untuk selalu mengeceknya melalui perintah “dpkg”.
Lalu masuk kedalam directori dhcp menggunakan perintah “cd /etc/dhcpd”. Jangan lupa untuk membackup filenya. Setelah itu buka file konfigurasinya.






Pada option domain-name di isi dengan nama server dhcp. Dan option domain-name-servers di isi dengan domain server atau IP server dan Langkah berikutnya adalah cara memberikan ip bagi para client. Subnet maksudnya adalah IP network komputer, Netmask merupakan subnet masknya server, Range merupakan IP yang akan diberikan kepada client yang ingin menggunakan fasilitas dhcp dari server. Di sini tidak ada IP yang tidak boleh dipakai, langsung saja memberikannya dengan menggunakan range tersebut. Sedangkan option routers juga bisa dikatan IP gateway. Jika sudah selesai di save. 


Selanjutnya mengarahkan dhcp untuk terhubung ke Ethernet yang mana, pasti akan sulit jika komputer server memiliki 2 atau lebih NIC. Cara mengarahkannya, masuk ke dalam directori “cd /etc/default” lalu buka menggunakan perintah vi isc-dhcp-server.

J
ika sudah terbuka lihat tanda panah pada gambar di atas, dhcp diarahkan ke eth1, berhubung NIC disini ada 2 maka diarahkan ke “eth1”. Jangan lupa di save setelah di konfigurasi. Kemudian di restart dhcpnya menggunakan perintah “service isc-dhcp-server restart”.


Jika terdapat failed, jangan khawatir. Silahkan di restart lagi maka tidak akan muncul kata kata failednya. 


Lalu pada client masuk ke dalam local Area Conenction Status pilih propertis --> internet protocol --> pada  pengaturan di General pilih  Obtain an IP address automatically di sini kita tidak memberikan ip terlebih dahulu ke pada client biarkan kosong seperti di bawah ini  lalu pilih ok


Setelah itu masuk ke dalam menu start dan pilih run ketikan cmd “ipconfig /release” dan untuk mengambil atau merequest IP gunakan perintah “ipconfig /renew”. maka hasil akan seperti gambar di bawah ini konfigurasi akan di katakan sempurna





share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 2:58 AM and have 1 comments

1 comments:

  1. terimakasih untuk turitorial nya sangat mudh dan dpat dipahami.
    http://bit.ly/2C3ryha

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dengan kata-kata
yang bijak berkomentar. Anda sopan kamipun ikut senang ^_^